Cara Menggunakan Photoshop dan Photoscape Untuk Cetak Foto

Anda bingung di waktu ingin melamar kerja tapi persyaratan yang diberikan oleh perusahaan yang anda lamar membutuhkan data diri berupa cetak foto berukuran 3x3,3x4, dan 4x6. Apakah hal yang biasa anda lakukan adalah pergi ke luar rumah dan mencari jasa dalam melakukan cetak foto?.

Sekarang hal itu tidak perlu dilakukan lagi hanya bermodalkan selfie di rumah atau meminta tolong orang tua kita untuk memfoto kita berdiri dengan bersandarkan tembok putih semua itu bisa dilakukan sendiri tanpa perlu repot menghabiskan bensin yang kita butuhkan untuk pergi ke tempat kerja, disamping anda bisa menghemat waktu dengan mengikuti tutorial yang saya berikan ini. Berdiam diri dirumah pun juga bisa menghasilkan cetak foto ukuran 3x4 dan 4x6 yang sering kali diminta untuk jadi persyaratan melamar kerja.

Sebelum kita memulai tutorial ini, saya sarankan untuk mendownload photoshop yang kita perlukan untuk mengedit foto dan photoscape yang anda perlukan untuk mencetak foto dengan rapi tanpa perlu memindah kesana kemari seperti kita waktu menggunakan corel draw. Namun bila anda takut software yang saya berikan mengandung virus, coba lihat scan virustotal yang telah saya lakukan untuk Photoshop Cs5  dan Photoscape.

Ya, kalau kita tahu cara menggunakan corel draw pasti anda akan menganggap hal itu lebih mudah bila menggunakan corel draw karena pasti sudah terbiasa memakai untuk mengedit foto lalu mencetaknya, namun bagaimana kalau kita belum mempunyai ilmu tentang corel draw ?

Maka dari itu berikut tutorial teknik mencetak foto ukuran 3x3, 3x4, dan 4x6 untuk keperluan melamar kerja

1. Buka Photoshop Lalu CTRL+O  Untuk Mengganti background Foto

2. Kalian Bisa Menggunakan Selection Tool Atau Magic Selection Tool 

Alat Selection Toolnya yang salah lingkari itu terus kita klik kanan maka ada 2 pilihan. Pilih yang Selection Tool atau Magic Selection Tool
 

3.Lalu kita Seleksi Background Hitam yang ada di belakang

Sebelum kita seleksi kalian harus mencari tempat yang bersih dari gangguan. Kalau kita foto bisa di tembok putih atau tempat yang terhindar dari gangguan seperti daun, garis, dan kotoran. Soalnya bila ingin cepat menggunakan 'magic selection tool' harus benar terhindar dari gangguan tersebut.

4. Hapus Background Tersebut yang telah Kita Seleksi

Kira-Kira Seperti Ini :

5. Ubah Warna yang Biasanya di Pakai Untuk Cetak Foto Bisa Berupa Warna Merah atau Biru

Perlu di Ingat Sebelumnya jangan memakai warna selain biru dan merah karena apa ? Hasilkan tidak akan jadi maksimal, malahan bukan termasuk standard dalam cetak-mencetak foto :v

6. Bila sudah diberi warna background maka yang harus kita Lakukan Ada Membersihkan Garisnya

Garis yang di hasilkan dari bekas Selection Tool perlu kita hilangkan terlebih dahulu, Bagaimana Caranya ?

Kita hanya perlu memakai Blur Tool 

Maka Hasilnya Akan Jadi Seperti ini.


Gimana Sudah Tidak Terlihat Kan ?

7. Kalau Sudah Melakukan Langkah Terakhir Dengan Blur Tool Langsung Kita Save

Bila Hasil Kalian Seperti Gambar Di Atas tersebut bisa kita save, jangan lupa gunakan CTRL+ALT+SHIFT+S *Tekan Secara Bersamaan


Format untuk Save Fotonya adalah dengan format PNG-24 + Centang Transparency

Ok, Beres sudah edit foto menggunakan Photoshop. 

Eittss Tunggu Dulu.... 

Belum Cukup Sampe disini, untuk mencetaknya kita perlu menggunakan photoscape. Karena misalkan kita menggunakan corel draw hasilnya kita perlu menggeretnya dahulu, kalau kita menggunakan Photoscape tinggal klik 2x foto yang telah disimpan dalam folder.

1. Buka Photoscape Kalian yang telah di download Lalu Klik Icon Cetak


2. Atur Ukuran Foto Menjadi 3x3, 3x4, Atau 4x6

3. Tinggal Klik Tombol Cetak


Sudah gitu aja caranya bila ingin mencetak foto untuk melamat kerja, gimana simple kan caranya ? Anda tinggal mengikuti panduan ini saja bilamana kalian tidak bisa menggunakan corel draw. Karena panduan ini spesial bagi yang tidak bisa menggunakan 'Corel Draw'

CATATAN :

Jika Kalian tidak menemukan hasil 4x6 pada CetakPhotoShot Maka Solusinya adalah Atur Ukuran Foto Menjadi

dan untuk ukuran 3x3 maka Atur Fotonya menjadi


Semoga dengan Tutorial yang saya berikan ini menjadikan anda diterima melamar oleh perusahaan yang telah kalian sampaikan lamaran kerjanya. Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menggunakan Photoshop dan Photoscape Untuk Cetak Foto "